Peler lo Sultan  

MUSYAWARAH DESA : PENETAPAN APBDesa TAHUN 2024

Ahmad Mukminin | 19 Desember 2023 15:19:07 | Berita Lokal | 409 Kali

BAJINGJOWO_19 Desember 2023, Pemerintah Desa Bajingjowo mengadakan Musyawarah Desa Penetapan APBDesa 2024. Musdes dihadiri oleh Camat Sarang beserta Staf Binwas, Koramil Sarang, Pendamping Desa, Kepala Desa beserta Perangkat, Ketua dan Anggota BPD, Ketua RT, Pengurus BUMDesa, LPMD, dan tokoh masyarakat. Musdes dibuka langsung oleh Ketua BPD Desa Bajingjowo Bapak Ahmad Sofiyulloh. Setelah dibuka, dilanjutkan dengan sambutan dari Camat Sarang Bapak Nasaton Rofiq, S.H. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan, "Musyawarah Desa merupakan bentuk transparansi desa dalam menyelenggarakan pemerintahan, silakan Bapak Ibu semua untuk dapat mengawal perencanaan dan pelaksanaan anggaran desa, saya berharap nanti ada usulan dan bahasan dari peserta musyawarah yang hadir."

Setelah sambutan dari Camat Sarang, musdes dilanjutkan dengan paparan rencana kegiatan 2024 beserta besaran anggarannya yang disampaikan oleh Sekretaris Desa Bajingjowo Bapak Shofiyuddin. Disampaikan dalam paparan, bahwa pada tahun 2024 Desa Bajingjowo akan menerima dana yang terinci sebagai berikut :

1. Dana Desa : Rp 806.959.000

2. ADD            : Rp 304.921.000

3. DBHPD       : Rp 32.984.300

4. DBHRD       : Rp 4.064.000

5. Bankeu Kab : belum keluar

6. Banprov       : Belum keluar

7. PAD              : diproyeksikan dapat Rp 2.000.000

Dana tersebut akan digunakan sesuai dengan regulasi yang ada, yakni kegiatan desa fokus pada 5 bidang kegiatan : (1) Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, (2) Pembangunan Desa, (3) Pemberdayaan Masyarakat, (4) Pembinaan Masyarakat, (5) Penanggulangan Bencana. Selain fokus pada 5 bidang kegiatan tersebut, catatan khusus yang harus dilaksanakan desa adalah program BLT DD dan Ketahanan Pangan. Dalam APBDesa 2024, desa harus menganngarakan makasimal 10 % dari DD untuk BLT DD dan 20 % dari Dana Desa untuk Ketahanan Pangan. Paparan kegiatan demi kegiatan telah disampaikan dan satu peserta musyawarah dari unsur guru PAUD_Ibu Herniyati, S.Pd. mengusulkan untuk pavingisasi halaman PAUD supaya dianggarkan pada APBDesa 2024 karena ketika hujan tiba, halaman PAUD tidak bisa digunakan untuk bermain anak-anak. Dengan pertimbangan semua peserta musyawarah, usulan tersebut pun disetujui bersama. 

Kepala Desa Bajingjowo_Bapak Mastain menyampaikan bahwa perencanaan kegiatan 2024 telah melalui berbagai tahapan di antaranya : Musdes Penetapan RKPDesa 2024, Musyawarah Dusun, dan Pembahasan oleh tim 11 penyusun RKPDesa. Pemerintah Desa akan komitmen dalam pemenuhan sarana prasarana desa sebagaimana skala prioritas yang ada. Akhirnya, musdes ditutup oleh Ketua BPD Desa Bajingjowo dengan kesepakatan perencanaan dan besaran anggaran yang telah terbahas. (Shofi)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Wilayah Desa

Upload File

Aparatur Desa

Agenda

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung