SELAMAT DATANG DI SISTEM INFORMASI DESA BAJINGJOWO. MARI BANGUN DESA BAJINGJOWO MAJU  

MUSDESUS: PENETAPAN KPM BLT DD 2024

Shofiyuddin | 18 Desember 2023 12:51:15 | Berita Lokal | 154 Kali

BAJINGJOWO_Senin, 18 Desember 2023 Desa Bajingjowo menyelenggarakan Musdesus (Musyawarah Desa Khusus) dengan agenda pembahasan utama adalah penetapan KPM BLT DD 2024. Musdesus dilaksanakan di Kantor Desa Bajingjowo. Sebagaimana regulasi yang ada, Pemerintah Desa masih harus menganggarkan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa untuk APBDesa 2024. Aturan yang ada, desa diwajibkan menganggarkan maksimal 25 �ri Dana Desa untuk BLT DD. Program tersebut masuk dalam kegiatan Penanggulangan Bencana dengan pos kegiatan keadaan mendesak. 

Musdesus berlangsung dengan lancar dan dihadiri oleh Forkopimcam yang terdiri atas Camat Sarang, Binwas Kec. Sarang, Pendamping Desa, Koramil Sarang. Kegiatan juga dihadiri semua elemen pemerintahan Desa Bajingjowo antara lain Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, LPMD, Ketua RT RW, Karang Taruna, Pengurus Bumdes, bidan desa, dan tokoh masyarakat. Sekretaris Desa, selaku operator menyampaikan daftar nama calon KPM yang menjadi sasaran untuk mendapatkan BLT DD. Sebagaimana pembahasan pramusdesus, KPM BLT DD dipilih untuk difokuskan pada lansia janda usia 80 tahun ke atas. Dengan kriteria tersebut, maka didapatkanlah nama calon KPM penerima BLT DD 2024 sebanyak 10 orang. Setelah satu persatu nama calon KPM BLT DD dibacakan, peserta musyawarah yang hadir, khususnya Ketua RT RW diberikan kesempatan untuk memberikan usulan dan penilaian untuk kelayakan calon KPM BLT DD. Sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua RT 13, Ibu Sulimah: "Mbah Rapi mono wes entok PKH, dadi ojo dimasukke nek BLT DD". Dengan demikian, calon KPM atas nama Mbah Rapi pun dicoret dan diganti lansia janda miskin yang lain. Ini bukti, bahwa perencanaan dan penentuan KPM BLTD benar-benar dimusyawarahkan bukan asal suka Bapak Kepala Desa maupun perangkat desa. Setelah dicermati bersama, akhirnya Ketua BPD Desa Bajingjowo Bapak Ahmad Sofiyulloh menetapkan 10 KPM penerima BLT DD 2024 dengan nama KPM sebagai beriku:

1. Rukayah RT 01

2. Kusikngah RT 04

3. Kamidah RT 04

4. Nafisah RT 08

5. Aslikan RT 09

6. Suwadi RT 09

7. Rukayah RT 12

8. Wakngati RT 08

9. Jarni RT 13

10. Kamsini RT 06

dengan ditetapkannya KPM BLT DD 2024 sebagaimana di atas, maka selesailah Musdesus dan ditutup oleh Ketua BPD Desa Bajingjowo.

Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa diberikan dalam rangka memberikan dukungan materi kepada masyarakat yang kurang akan ekonomi dan dapat diharapkan dapat berdaya untuk kedepannya. Dengan adanya BLT DD, keluarga penerima merasa sangat terbantu dan sedikit banyak dapat untuk memenuhi kebutuhan hidup. (Shofi)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Wilayah Desa

Aparatur Desa

Agenda

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung